Mengingat pentingnya arti karburator bagi mesin khususnya
sepeda motor saya tadi searching akhirnya saya dapat ini.
qoute:
Setting Karburator menurut Keihin, Mikuni & G. Bell
Posted on July 8, 2007 by andryans
Hmmmm rata-rata pada saat kita service karburator di bengkel
setelan angin (air screw) dicari dengan patokan teriakan mesin tertinggi,
bahkan di geber sampe putaran gas FULL. …. Bisa ! masing-masing cara orang
memang beda menerapkannya tapi tujuannya sama adalah mencari settingan yang
pas.
Berikut adalah diagram panduan (secara teori) untuk setting
airscrew (IDLE) & PJ khususnya.
Carb Tuning Keihin 1:
sumber: keihin
Terlihat pada hampir 1/2 putaran gas, setting AirScrew dan
PJ tidak berfungsi lagi. Justru kita bisa lihat perpindahan antara PJ dan PJ di
isi oleh clip position, tapi sayang Karburator yg kita pakai khususnya Keihin
PE tidak ada setelan klipnya. Pada putaran gas 3/4 s/d Full hanya MJ berfungsi.
Carb Tuning Keihin 2:
Carb Tuning Keihin 3 (Graham Bell):
A = most effective
B = fairly effective
C = small influence
D = no influence
Jika berpatokan pada diagram 1 s/d 3, setting airscrew di
setting pada saat IDLE (RPM 2000), dicari nafas tertinggi. Untuk memastikan
settingan sudah pas atau belum lihatlah kondisi BUSI. Jika Merah bata berati
passs & motorpun menghasilkan performa maksimal & IRIT !!!
Semoga bermamfaat. diambil dari berbagai sumber: keihin,
mikuni & buku2 tuning motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar