Sebelumnya minta Maaf dulu lah sama Senior-Senior yang lebih
Fasih tentang permesinan dan mungkin juga sudah pernah membahas hal ini
sebelumnya..
Berawal dari keluhan Brade Ninjers di Smsnya, bahwa topspeed
Ninja RRnya justru menurun setelah ganti Knalpot Racing dan jetting Karburator
mengikuti kebutuhan Mesinya..
Jadi ada baiknya juga untuk mengulas kembali karakter
knalpot Racing (2T) dari bentuk atau model knalpotnya.. Baiklah mulai dari
belakangnya Dulu,
1. Silencer
Bila silencernya panjang dan biasanya diameternya juga agak
kecil karakternya bagus untuk RPM menengah sampai atas, semakin panjang
silencer akan semakin tinggi juga topspeed yang akan diraih.. Sebaliknya bila
silencernya pendek, biasanya diameternya juga agak lebih besar maka karakter
silencer ini bagus buat akselerasi atau mantap di RPM bawah sampai menengah
saja sedang topspeednya bakalan loyo atau agak tertahan.. Kalo nggak panjang tapi
juga gak pendek berarti ya sedang-sedang saja alias Knalpot Harian atau tidak
signifikan peningkatan performanya..
Oia, biasanya panjang silencer selain diikuti diameter
silencernya juga akan seimbang dengan pipa penghubung antara silencer dengan
perut Knalpot, semakin panjang silencer akan semakin panjang juga pipa
penghubungnya, karena pipa penghubung yang panjang akan memperpanjang Napas
Mesin sehingga dapat mengail topspeed yang lebih tinggi.. Begitu juga
sebaliknya, jika silencer pendek dan diameternya lebih gede maka pipa
penghubung dengan perutnya pun semakin pendek, agar gas lebih cepat terbuang
dan segera menghasilkan power sehingga akselerasinya lebih mantap..... coy
2. Perut Knalpot
Perut knalpot yang besar / Gendut akan membuat karakter
mesin lebih Dominan pada RPM bawah atau akselerasinya dapat, sebaliknya perut
kenalpot yang kecil akan membuat mesin lebih beringas pada putaran menengah
keAtas..
Dipasaran Tanah Air banyak sekali beredar Knalpot Racing
Racikan Bengkel-Bengkel Ternama yang membuat Knalpot Produknya Berdasarkan
Riset-Riset, makanya setiap Produk Knalpot mempunya i karakter yang
berbeda-beda..
Kemuudian Bagian terakhir yaitu Pipa Pembuangan dari Blok ke
perut Knalpotnya
(leher angsa)
- Bila leher angsanya pendek ke perut Knalpot yang Gendut /
besar, maka Karakter Mesin yang terbentuk adalah Sadist dan Sangar pada RpM
rendah sampai tengah (akselerasinya Maut)
- Bila leher Angsa panjang ke Perut Knalpot yang Gendut maka
Karakter mesin Merata dari RPM bawah, menengah hingga Atas (Type kenalpot
Harian)
- Leher Angsa Pendek ke Perut Knalpot yang Kecil akan
Menghasilkan Karakter Mesin yang Mantap dan Padat dari Putaran Menengah Sampai
Top RPM
- Leher Angsa Panjang ke Perut Knalpot yang kecil akan
membuat Napas Mesin yang lebih panjang sehingga TopSpeed Maksimal dapat di raih
namun Biasanya Akselerasinya kurang Bagus..
Nah, sekarang tinggal Pilih Model / bentuk Knapot Racing
yang sesuai Kebutuhan atau spek Mesin Motor Kita..
Sebagai Contoh, apabila Motor (2T) kita speknya Over Bore
dan butuh akselerasi Motor yang SADiS atau sering Stop en Go karena tinggal di
pemukiman Padat sehingga tidak memungkinkan untuk NYARI TOPSPEED.....
Tapi ada yang perlu di INGAT Boz, Knalpot model ini Biasanya
membuat Mesin Motor RAKUS BBM..
Sedangkan Bila Sampeyan hobi Touring dan Motor (2T) Anda
Power Maximalnya di RPm Atas atau tinggal di Daerah (Kek Saya) dan suka dengan
TOPSPeeD setinggi-tingginya....
Jangan Lupa untuk Jetting Ulang Karburatornya Agar PerForma
Maximal Knalpot bisa didapat dan Keluar dengan Sempurna..
Semoga Ada Mamfaatnya, dan Mohon Koreksinya bila ada
kekurangan…
Yang penting KIP BRADEHUD FOREVE and PISS..
Harrah's Casino Hotel and Spa - Mapyro
BalasHapusFind Harrah's 여수 출장샵 Casino Hotel and 경주 출장안마 Spa, 777 Harrahs Blvd, Las 상주 출장샵 Vegas, NV 태백 출장안마 89109, United States 밀양 출장샵 from Mapyro. Browse real-time driving directions,