Rabu, 16 Januari 2013

Aplikasi Magnet Racing Tidak Mutlak, Race Use Only ?



Sejatinya, arus listrik dihasilkan oleh kerjasama antara perputaran magnet dengan sepul, mirip generator. Arus yang dihasilkan digunakan buat pengapian, penerangan, maupun pengisian.
Hasil kerja yang dihasilkan arusnya tidak beraturan, maka untuk penerangan dan pengisian diatur oleh regulator atau kiprok


Untuk upgrade performa, banyak yang mengganti magnet atau minimal mengurangi bobot magnet standar. Jika ganti, paling sering mencari yang lebih ringan, agar mesin cepat mencapai putaran tinggi.

Magnet copotan cukup banyak yang menjual. Paling familiar di mekanik balap banyak yang memakai dari besutan motorcross atau spesial engine (SE); seperti Yamaha YZ125 dan Suzuki RM125  (gbr.1).

Pengaplikasian magnet tersebut ternyata harus ada penyesuaian, tak bisa PNP. “Gak semua motor bisa langsung pasang, bentuk dan posisinya berbeda dengan motor pada umumnya,” ujar Oscar ‘Padang’ mekanik dari DMS Motowork.

Tapi pengaplikasian peranti ini merupakan tahap akhir dari proses upgrade performa, dan tak mutlak. Jika pengapian standar masih mampu, maka tak perlu. Karena melihat speknya, kebanyakan yang pakai yang benar-benar race use only.


Gbr 2

 “Emang sih, tarikan jadi enteng, tapi riskan juga buat harian. Karena aliran arus listrik yang dihasilkan di pengapian sangat besar dan mesin bisa jebol, karena mesin sangat mudah teriak, kalau mau aman mesti banyak yang disesuaikan,” tutup pria dipanggil Padang ini.

YZ125

Salah satu magnet favorit di kalangan pencinta balap adalah. “Biasanya dipake untuk road race atau drag race,” sahut Oscar yang buka di daerah Prapanca, Jaksel.

Untuk magnet copotan seharga Rp 5 juta ini (gbr.2), yang sudah berikut koil, pengapiannya memang lebih besar dari standar. “Soalnya cuma ada 4 (empat) sepul dan bentuknya kecil. Sehingga, dengan 4 sepul, jadi kinerja pengapiannya bisa lebih besar,” tambahnya.

Karena YZ125 ini berbasis motorcross yang tak pakai penerangan, maka lampu tidak bisa diaplikasikan lagi. “Ya itu konsekuensinya,” ujarnya lagi.

RM125

Produk seharga Rp 3,7 juta sudah berikut CDI ini, bisa diaplikasi buat besutan motomania. Walaupun enggak banyak yang pakai, produk copotan Suzuki RM125  juga bagus untuk di sektor pengapian.

Walau hanya dilengkapi 2 sepul, masih bisa diandalkan. “Kinerjanya jadi lebih cepat dan pengapian juga besar,” sahut Oscar sambil bilang untuk pemasangannya juga butuh penyesuaian.

Harga Magnet Kompetisi

Magnet YZ 125  5 juta
Magnet RM 125 3,7 juta
Dodo Racing 021-73456555

2 komentar: